Event-Review,

JFC Conference 2017, Bersama Mewujudkan Jember sebagai Kota Karnaval Dunia

Agustus 17, 20172 Comments

Halo BJS-ers, bulan Agustus ini menjadi bulan yang spesial bagi warga Jember, selain merupakan bulan kemerdekaan Republik Indonesia, di bulan ini juga terdapat acara rutin tahunan yang diadakan di Jember, apa lagi kalau bukan Jember Fashion Carnival (JFC). Gelaran karnaval terbaik ketiga di dunia ini diadakan mulai tanggal 9 s/d 13 Agustus 2017. Nah, ditengah rangkaian acara JFC, ada satu agenda penting yang melibatkan para pelaku kreatif dan stakeholder di Jember yaitu JFC Conference, serunya lagi, BJS diundang sebagai salah satu pesera konferensi tersebut. Berikut adalah liputannya.
 
 
JFC Conference 2017 diselenggarakan oleh Panitia JFC yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI dan Majalah Venue. Acara ini mengundang seluruh stakeholder yang berkaitan dengan penyelenggaraan JFC, mulai dari pemerintah, tokoh masyarakat, elemen pendidikan, komunitas hingga pemilik usaha di Jember. Total, ada sekitar 100 orang yang menghadiri acara yang digelar di Sapphire Room Aston Hotel Jember ini.

Sebelum acara dimulai, kami berbincang-bincang dengan talent yang disiapkan diluar ballroom, Putri, adalah Siswi SMA 5 Jember yang kali ini tampil menggunakan defile Dayak. Ia mengaku baru 2 tahun ini mengikuti JFC.

 
JFC Conference dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan dari Taufik Rahzen, budayawan sekaligus staf Kementerian Pariwisata RI, pada sambutannya, ia sangat mengapresiasi kegiatan JFC yang sudah diselenggarakan selama 16 tahun sejak tahun 2001, Taufik yang juga merupakan angkatan pertama SMA 2 Jember ini mengajak seluruh peserta untuk ikut serta berkontribusi mendukung JFC sesuai dengan profesinya masing-masing.


Sambutan kedua diberikan oleh ketua JFC, Dynand Fariz, dengan semangat ia menjelaskan tentang visi dan misi JFC, serta perjuangannya selama 16 tahun mengadakan JFC yang berawal dari ide pribadinya. Setelah membuka JFC Conference, Dynand mempersilahkan para talent yang sudah menggunakan kostum JFC memasuki ruangan, ada total 8 defile yang ditampilkan, mulai dari Bali, Betawi, hingga Toraja.

Memasuki acara selanjutnya adalah Talkshow sesi satu yang diisi oleh Silvia Hilda, Ketua Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Kepuauan Riau, pada kesempatan ini, ia bercerita tentang usahanya untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerahnya dengan menggelar Indonesia Night Second Nongsa Carnival” di Turi Beach Resort, Nongsa, Batam tahun 2015 lalu, ia mengaku terinspirasi oleh kegiatan JFC yang menjadi ajang karnaval terbaik di Indonesia.

Talkshow sesi kedua dimulai dengan materi City Branding : Jember” yang dibawakan oleh Yuswohady, praktisi branding dibalik Enjoy Jakarta” dan Jogja Istimewa”. Pada case jember sebagai kota karnaval dunia, ia mengatakan harus ada 3 strategi yang dibuat, mulai dari Customer Strategy, Product Strategy dan Marketing Strategy. 

Sebagai penutup, hadir Monalisa,  dengan materi How to make carnaval city”, Dosen Universitas Trisakti ini begitu semangat menceritakan tentang kiat-kiat menjadikan Jember sebagai kota karnaval dunia, Mari kita bersama mewujudkan JFC agar memiliki Multiplier Effect Sustainability”. ungkap Wanita kelahiran Jember ini.

Kesimpulan dari pertemuan ini adalah, untuk mewujudkan Jember sebagai kota karnaval dunia, tidak hanya tugas panitia JFC, tapi juga dukungan pemerintah dan seluruh stakeholder yang ada.

Itu dia field report dari acara JFC Conference 2017, kami dari BJS senang sekali dapat diundang dalam acara ini, apa lagi pemateri berkali-kali menyebutkan peran penting blogger untuk ikut serta mempromosikan JFC.
 
Kontributor : Rizky Vadilla

Artikel lainnya:

2 komentar:

  1. Inspiratif ya min, bisa bertemu orang-orang yang berasal dari Jember asli bahkan luar Jember yang mengapresiasi banget even JFC ini. Sip ya bisa ketemu sosok2 inspiratif.

    BalasHapus
  2. jadi ingat pas pulang kampung dan nonton jfc di th 2016. sayangnya tahun 2017 pas pulkam ga pas di jfc, padahal seneng nonton dan seseruan di arena jfc yang makin ke sini makin keren.
    o ya, blogger jember sekarang makin banyak dan keren2 ya. sukses terus untuk blogger jember. salam dari orang jember yang terdampar di pinggiran jakarta :-)

    BalasHapus