Event-Review,

Blog Coaching Clinic Jember Featuring Blogger Perempuan Network

September 21, 20170 Comments

Ada yang berbeda di kopdar Blogger Jember Sueger (BJS) edisi #5 pada Minggu, 27 Agustus 2017 yang lalu. Selain tema yang tentu saja beda ya, kali ini BJS kedatangan tamu spesial yang datang jauh-jauh dari Jakarta. Siapa lagi kalau bukan tim mbak-mbak mastah dari Blogger Perempuan Network (BP Network). Yey, akhirnya :)


 blog coaching clinic jember


Ceritanya, tim BP Network sempat sounding tentang roadshow ngobrol cantik yang memungkinkan buat diadakan di kota mana saja. Jadilah, waktu itu, Prita Hw japri lewat inbox pada salah satu kru BP Network, Mbak Alaika Abdullah. Gayung pun bersambut, sempat surprise juga ternyata BJS adalah komunitas pertama yang menawarkan diri dan disanggupi! Wuah, rasanya berasa pengen langsung gelar karpet merah deh. Etapi, ternyata tim BP Network, sempat mampir ke Surabaya dulu loh karena jalurnya yang searah menuju Jember.

Berkah lain lagi adalah, ngobcan yang mengusung tema Blog Coaching Clinic ini didukung sepenuhnya oleh Green Hill Hotel & Convention Center yang beralamat di Jalan Raya Rembangan No. 99, Baratan, Jember atau kalau BJS-ers mau menuju ke arah Rembangan, tolehlah di kanan jalan, nah disitulah Green Hill berada. Letaknya ga terlalu jauh dari Patrang.

Udara sejuk langsung menyambut panitia kopdar #5 saat akan mempersiapkan segala sesuatu untuk acara ini. Dan ternyata, sudah ada dua peserta pertama yang datang lebih dari panitia, salut :) Sedangkan panitia masih celingukan nyamperin receptionist Green Hill untuk bertanya di kamar homestay manakah tim BP Network berada. Dan, ternyata mbak-mbak mastah baru sampai Jember jam 2 dini hari. Luar biasa.

Tepat pukul 09.00, acara pun dimulai. Niera Rany yang didapuk sebagai MC mulai menyapa para peserta kopdar kali ini. Semuanya ada 30 peserta, kuota yang dibatasi untuk kopdar kali ini :) Ternyata tim BP Network sempat terhenyak juga, ga nyangka kalau yang hadir ternyata separuhnya adalah blogger laki-laki, hehe.




Untung kesetaraan gender berlaku disini :) Sebelum masuk ke materi inti, para peserta diminta untuk memperkenalkan diri, juga nama blog nya, dan harapan mengikuti acara ini. O iya, ada dua orang juga yang ternyata blogger Situbondo loh.

Dan, tibalah saatnya materi yang ditunggu. Mbak Shintaries memperkenalkan diri bagaimana dirinya yang awalnya 'tukang bangunan' karena sehari-harinya bekerja sebagai engineer lalu kemudian memutuskan resign dan memulai debutnya sebagai pro blogger dari nol. Bahkan, sekaliber Mbak Shintaries pun sumringah ga karuan saat berhasil me-monetize blog nya dengan fee pertamanya yang 75 ribu rupiah.



Ternyata Mbak Shintaries juga mengalami apa yang kita alami ya, hehe..

Kali ini, Blog Coaching Clinic akan membahas 4 komponen yang sering disebut-sebut dan tak jarang membuat bingung para blogger newbie, yaitu design, SEO, analytics, content, dan monetize. BJS sengaja bagikan secara singkat supaya BJS-ers yang belum datang ke acaranya, juga bisa ikut menyimak inti sarinya ya :)

Design


Khusus untuk design, biasanya ini hal pertama yang bikin para blogger baper dan jadi motivasi buat ngeblog selanjutnya. Meski ini sebenernya bukan tolak ukur utama, tapi design yang ramah di mata memang kewajiban banget di dunia online yang lebih membutuhkan kekuatan visual daripada sekedar teks saja.

Untuk design ini, saran dari Mbak Shintaries adalah yang clean, dan berlatar belakang warna putih 80 %, terdiri dari content dan side bar, juga fast loading alias ga perlu ditambahi elemen ga penting ala jadul seperti pernak pernik kursor bergambar, salju, lagu,dan lainnya.



Parameter design ini sebenarnya mengacu pada orientasi pembaca, mesin pencari seperti Google, sebisa mungkin menurunkan bounce rate sehingga memperpanjang time on site, dan juga untuk kebutuhan branding. 

SEO (Search Engine Optimization)


Untuk optimasi SEO. ternyata sangat tergantung pada :



Dan ternyata SEO ga melulu memaksimalkan mesin saja loh, tapi juga mngoptimalkan konten. Karena saat ini, SEO makin berkembang. Tidak hanya untuk kebutuhan mesin tapi juga penggunanya. Caranya? Nah, ada di poin berikutnya :)

Content


Content is the king, ini masih berlaku loh. Untuk bis amembuat konten yang baik, ini beberapa sarannya :
  • Kronologis : urutan cerita yang logis dan teratur
  • Tematik : membahas satu topik khusus dalam 1 blog
  • Didaktik : bersifat ilmu pengetahuan
  • Solutif : memberikan solusi dalam tulisan
Dan, untuk teknis penulisan kontennya seperti ini :
  • Artikel minimal 1000 kata
  • Pilih tema (opini, isu terkini, pengalaman)
  • Cari keyword (http://keywordtool.io/)
  • Gambar : bisa di penyedia gambar gratis seperti https://styledstock.co/ ; https://www.foodiesfeed.com/ ; https://www.pexels.com/ ; https://www.pixabay.com/ dan sebagainya.
  • Isi meta deskripsi
  • Gunakan internal dan external link
  • Gunakan bold dan heading

Bahkan, jumlah minimal kata yang bagus menurut hasil riset bisa sedetail ini loh :



Dan, untuk optimalisasi lebih jauh, secara teknis, BJS-ers bisa perhatikan ini :



Analytics

Nah, kalau analytics ini berhubungan banget sama yang namanya monetize. Hm, tapi selain untuk kebutuhan klien, kita juga perlu tahu loh statistik blog kita untuk bahan evaluasi dan lebih mengenal pembaca.



Buat BJS-ers yang belum memasang google analytics, bisa langsung pasang dari sekarang ya :)

Monetize

Bagian ini tentu yang paling bikin mata terbelalak. Siapa sih yang ga hepi punya hobi yang dibayar? Tapi tentunya untuk menuju ke arah ini, BJS-ers harus melakukan segenap upaya dulu, dan itu ga bisa didapat dengan instan. Katanya kan, kesuksesan yang didapat dengan cara instan, bakal cepat menguap juga loh. Naudzubillah ya :) 

Karena itu, serangkaian tips-tips dari Mbak Shintaries ini perlu banget dilakukan step by step, learning by doing, dan biarkan pengalaman kita mengajarkan banyak hal. 

Monetize itu terdiri dari banyak hal yang bisa didapatkan dari sebuah blog, seperti :



Dan, untuk tips monetize nya, BJS-ers bisa perhatikan ini :



Dan, untuk mendukung itu semua, membangun personal branding ternyata juga tetap menjadi prioritas. Jadi, pikirkan baik-baik ya :)


Jadi gimana? Masih mau jadi pro blogger? Apa cukup wanna be? Semua pilihan ada di depan mata.
Paling ga, lewat acara yang menghadirkan tim BP Network ini, peserta bisa langsung mendengarkan kisah nyata dari para blogger sukses yang ternyata dulunya juga melakukan hal sama loh. Selain Mbak Shintaries, pada kopdar yang berakhir pada pukul 1 siang itu, hadir pula Mbak Shintaries dan Mbak Alaika yang juga mengenalkan kebijakan BL Network dan BP Pertnership. Juga tamu spesial dari Bandung, Mbak Nchie Hanie.

Diakhiri makan siang yang sudah dipersiapkan apik oleh Green Hill dan juga pemberian doorprize  oleh pihak-pihak yang mendukung seperti Lapak The Jannah, The Jannah Institute, Trajekline, www.halokakros.com, www.liannyhendrawati.com, juga www.noya-stories.blogspot.co.id, juga www.rurohma.com. Ga nyangka banget doorprize malah melimpah di hari H :)


blog coaching clinic jember

blog coaching clinic jember



O iya, tak lupa, mini souvenir untuk dibawa pulang tim BP Network dan juga foto dengan seluruh peserta. Terimakasih semuanya,  kopdar #5 kali ini sungguh berkesan. Semoga tim BP ga kapok untuk menyambangi kita lagi ya :)
 

 
 

Artikel lainnya:

0 komentar: